SMK Al Mubaarok Rembang, sekolah modern dan berbasis lulusan siap kerja dan berwirausaha

Tanggal : 09/15/2021, 13:20:01, dibaca 167 kali.

PENTING ADA KEMAUAN DAN BELAJAR PASTI BISA


SMK Al-Mubaarok Rembang, sebagai sekolah pusat keunggulan mengundang pihak Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI)  untuk menjadi  sekolah yang modern dan berbasis lulusan yang siap bekerja dan berwiarusaha. Tim guru yang tergabung dalam manajemem SMK PK telah mengadakan Workshop Penjajakan dan Penguatan Kerjasama SMK Pusat Keunggulan di ruang pertemuan Selasa (12 /9/2021).


Nyamani, S.T. ketua TIM Pengembang SMK Pusat Keunggulan sekaligus Kepala Jurusan  Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (kajur TKRO) mengatakan, Kegiatan Penguatan kerjasama dengan pihak Dunia Usaha/Dunia Industri sangat penting bagi sekolah, selaras dengan  cita-cita dan tujuan SMK Al-Mubaarok Rembang menghasilkan lulusan  yang mampu bekerja di dunia industri dan berkompetisi dalam bidang wirausaha. “Dengan mengundang pihak Industri, sekolah sangat terbantu mendapatkan informasi nyata kaitanya dengan kebutuhan di masyarkat guna menyiapkan siswa kedepanya”, ungkap Kajur TKRO.


Kerja sama yang dilakukan dengan pihak dunia industri juga berkaitan kesediaan menjadi guru tamu di sekolah. Guru tamu akan mengajar siswa pada jadwal tertentu, juga memberikan pengalamannya bersama guru. Sehingga guru dan siswa mendapatkan ilmu nyata yang berkembang di masyarkat.


Edy Saputra kepala bengkel PT SUN STAR MOTOR Rembang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan kerjasama tersebut mengapresiasi atas terpilihnya SMK Al-Mubaarok Rembang sebagai salah satu Sekolah Pusat Keunggulan khusunya pada jurusan otomotif. “Bangunan dan luas sekolah sudah memadahi, tinggal pelaksanaan  membuka Unit Produksi mandiri” dalam paparanya.


Selain perwakilan dari PT SUN STAR MOTOR di hari yang sama juga mendatangkan pemilik bengkel Rizky, Temok Wibowo seorang mekanik dan pemilik bengkel yang sudah dikenal dimasyarkat Rembang. Pemilik bengkel yang berlokasi di desa Kedung Rejo kecamatan Rembang (Jalan Rembang-Blora ). Dalam diskusinya dengan guru-guru TIM SMK PK Al Mubaarok Rembang, menceritakan pengalamannya dalam mendirikan bengkel hingga sukses sampai sekarang ini. Diskusi yang sangat cair,membuat suasana menjadi hangat. “usahakan siswa mampu mempelajari kelistrikan, Kelistrikan berperan banyak saat memperbaiki mobil atau motor dan tidak semua orang ahli dalam hal itu, penting ada kemauan dan belajar pasti bisa”, saran beliau saat diskusi.


Pada kesempatan ini Pemilik bengkel Rizky yang biasa disapa Pak Temok menyampaikan saat ini sudah memiliki alat scanner EFI yang terbaru sebanyak 3 buah, Pada saatnya nanti guru dan siswa, khususnya SMK Al Mubaarok Rembang diajari dalam menggunakan peralatan ini sebagai bukti menerapkan kerja sama untuk penerapan pembelajaran berbasis project riil dari DU/DI. Bentuk Kerja sama yang bisa dilakukan lagi dengan DU/DI pasangan SMK Al-Mubaarok Rembang adalah penempatan siswa prakerind. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri jetaua Yayasan Nuril Haq Saifullah, S,H.,M.A.P. dan kepala sekolah Dra. Ubaidah, M.M.


Semoga dalam pemantapan kerjasama tersebut cita-cita dan tujuan sekolah lebih cepat tercapai.


 


 


Penulis


Ismail Jamareba


 


 




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas