MPLS SMK Al- Mubaarok Tahun 2021

Tanggal : 08/04/2021, 11:17:35, dibaca 89 kali.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau yang disingkat MPLS pada tahun pelajaran 2021/2022 masih dilakukan secara daring, seperti tahun sebelumnya. Kebijakan ini diambil karena adanya Pemberlakuan Pembatasan Masyarakat yang berlangsung hingga 20 Juli 2021.


Masa pengenalan lingkungan sekolah adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah.


Tujuan MPLS yakni memberi informasi tentang lingkungan sekolah dengan nilai positif dan menyenangkan kepada peserta didik baru.


Selain itu, Beberapa tujuan lain diadakannya MPLS bagi siswa baru tahun ajaran baru 2021/2022, yaitu:



  1. Mengenal lingkungan sekolah pada peserta didik baru agar dapat beradaptasi di lingkungan yang baru.

  2. Memiliki wawasan kebangsaan dan mendapat pengetahuan tentang profil pelajar pancasila

  3. Mendapat pengetahuan tentang penggunaan atribut seragam sekolah, pendidik dan tenaga pendidik di SMK Al-Mubaarok Rembang

  4. Mendapat wawasan tentang sistem pembelajaran dan tata tertib di SMK Al-Mubaarok Rembang


MPLS diadakan selama empat  hari, dimulai tanggal 12 Juli 2021 sampai dengan 16 Juli 2021.


SMK Al – Mubaarok Rembang memanfaatkan aplikasi WatsAap, streaming Youtube dan aplikasi Zoom untuk mengadakan MPLS tahun 2021 ini. Kegiatan MPLS dibagi menjadi 5 kelompok sesuai dengan pembagian kelas yaitu :



  1. X TKR O A

  2. X TKR O B

  3. X TBSM A

  4. X TBSM B X TKJ

  5. X GRAFIKA


Peserta mengikuti kegiatan lewat WA grup yang dibuatkan panitia dengan didalamnya terdapat pendamping, ketua panitia dan wakakesiswaan sebagai penanggung jawab kegiatan. Melalui media wa karena aplikasi ini sudah umum digunakan sehingga peserta tidak perlu menginstal aplikasi baru lebih ringan dan lebih mudah penggunaannya dan juga tidak menggunakan data terlalu banyak.


Di hari pertama peserta hanya diajak melakukan perkenalan dengan mengisi pertanyaan di google form. Pertanyaan meliputi tentang diri dan kepribadiannya. Harapannya peserta lebih mengetahui tentang dirinya dan akan mengembangkan dirinya seperti apa. Peserta mengisi setelah pendamping memberikan link untuk mengisi yaitu https://bit.ly/Pengenalan_Diri_Siswa kemudian panitia mengumpulkan jawaban peserta yang nantinya dapat digunakan sebagai sumber data peserta didik untuk wali kelas dan BK.


Dihari kedua materi yang diberikan adalah tentang profil pelajar Pancasila dan profil SMK. Pendamping memberikan link https://youtu.be/hm7iFW40dEA tentang Profil pelajar Pancasila sesuai jadwal yaitu jam 8.00 s.d 9.00 adalah kemudian membagikan link feedbacknya yaitu https://bit.ly/Feedback_Profil_Pelajar_Pancasila . Pada jam 9.00 s.d dilanjut materi kedua yaitu tentang profil SMK dengan link dan link https://youtu.be/MBgJfbcSX-k feedbacknya adalah https://bit.ly/Feedback_Profil_SMK. Feedback merupakan tagihan untuk peserta sebagai bukti sudah mengikuti kegiatan MPLS dan mengetahui pemahaman materi yang diberikan. Batas waktu pengiriman feedback adalah jam 18.00 setiap harinya selama pelaksanaan.


Pada hari ketiga, sama dengan hari kedua pendamping mengelola diskusi di wa grup dengan tegur sapa dan berdoa kemudian membagikan materi di hari ketiga yaitu pengenalan tatatertib dan criteria kenaikan kelas. Materi ini tidak dibagikan dalam bentuk link video tetapi berupa file pdf dan gambar. Kemudian diberikan link feedbacknya https://bit.ly/Feedback_Tata_Tertib_SMK . kemudian materi kedua tentang pengenalan atribut seragam dengan link https://youtu.be/g4rAmGaUAkQ dan feedback materi https://bit.ly/Feedback_Penataan_Atribut_Seragam


Pada hari keempat ada dua materi sekaligus penutupan kegiatan. Materi pertama adalah pengenalan pendidik dan tenaga kependidikan di SMK Al-Mubaarok Rembang dengan link https://youtu.be/NFqe_IcCMOE dan link feedbacknya adalah https://bit.ly/Pengenalan_Guru_Tenaga_Kependidikan dilanjut dengan materi kedua tentang pembelajaran di SMK Al-Mubaarok Rembang yang disampaikan oleh Bapak Solikin, S.Pd selaku kurikulum melalui gmeet dan diakhiri dengan penutupan oleh kepala sekolah melalui gmeet. Peserta yang mengikutihanya 90 siswa kurang dari jumlah seluruh peserta, hal ini terkendala dengan sinyal dan kuota data yang dimilki peserta didik.Untuk mengatasi hal tersebut peserta masih dapat menyimak penjelasan materi dan penutupan MPLS dengansiaran delay di https://www.youtube.com/watch?v=4AAK9mdPd60 dan  https://youtu.be/4AAK9mdPd60


            Setiap hari panitia mengecek hasil dari feedback yang dikirim peserta hampir semuanya sudah mengirimkan feedback. Dan untuk yang belum mengirimkan maka dari pendamping akan menghubungi pribadi peserta yang belum mengisi feedback dan juga pedamping sudah melakukan absensi manual melalui wa grup untuk mengkroscek peserta


Walau MPLS masih dilaksanakan secara daring, namun tidak mengurangi antusiasme siswa baru untuk lebih mengenal SMK Al- Mubaarok Rembang.


Dengan berakhirnya kegiatan MPLS maka mulai tanggal 16 Juli 2021 pembelajaran jarak jauh akan segera dimulai untuk siswa kelas SMK Al- Mubaarok.



Kembali ke Atas


Berita Lainnya :
 Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas